Minggu, 28 Oktober 2012

asal sumpit54 tentang nama panggilan

Share it Please

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh..
(dijawab ya rit) alhamdulillah :)


Kali ini ane mau cerita tentang asal-usul nama blog ini, yaitu sumpit54. Pasti urit-urit ada rasa penasaran (meski sedikit) atau sangsi dengan nama sumpit yang dipake untuk julukan ane, apalagi ada nomor 54!? bener kan? ngaku? (kalo engga sama skali, tolong kali ini sedikit mendustai nurani urit-urit sendiri demi ane T_T )


Okey, urit-urit sekalian kalo sudah ready, bisa ane mulai dari adegan pertama hingga ending.. Action!!
Nama "sumpit" di sini unik untuk sebuah nama atau julukan, apalagi ada angka 54. Tapi ane ga ngambil begitu saja kata ini untuk ane sendiri, pasti ada sejarahya. Nah urit-urit sekalian pasti pernah kan dipanggil orang lain terutama temen urit dengan panggilan yg bukan nama urit sendiri. Entah itu pas waktu belum sekolah, pas sekolah atau bahkan sampe sekarang. Misalnya aja nih ane panggil urit ke pembaca blog ane.  Tentu itu semua ada alasan meski bukan alasan kuat atau hanya lewat gitu aja lalu jadi nama panggilan. Misal kalo orang tua di daerah jawa selalu manggil anaknya tole (anak cowok) atau nduk (anak cewek), atau kalo arek suroboyo biasanya manggil cuk ke temennya (yah meski sebenernya cuk ini dari kata kotor) tapi ini sudah menjadi kebiasaan untuk lebih mengakrabkan dan satu dengan yg lain pasti memahami itu karena sifatnya umum mengenai lapisan masyarakat daerah tertentu. Kecuali beda penafsiran jika panggilan ini dilayangkan dengan nada marah dan menantang.

Tapi yang mau ane bahas untuk sharing untuk urit-urit sini adalah nama panggilan atau julukan yg sifatnya mengarah ke pribadi tertentu. Misalnya saja Ir. Soekarno yg lebih dikenal Bung Karno punya julukan The Founding Father, Sang Proklamator, Putra Sang Fajar dll. Tentu ini beda dengan julukan gelar yg disandangkan kepada orang-orang Arab seperti Al Amin kepada Muhammad SAW, As Shidiq kepada Abu Bakar dll. Atau El Loco kepada Christian Gonzales. Namun ane mau persempit lagi ranahnya yaitu kepada nama-nama panggilan yg lebih akrab ketika masih kecil hingga sekarang yang biasanya ini nama yg sungguh tidak keren tapi enak untuk diucapkan oleh pemanggil kita, meski kadang kita sendiri risih jika dipanggil dengan nama itu. Nah kalo dicerita Jawa, tau ga dengan tokoh Joko Tingkir, dulu nama kecilnya adalah Karebet (ga keren kan), atau Satrio Priggodani si Gatotkoco yang dulu namanya Tutuko.

Nah biasanya temen-temen urit ngambil dari kejadian, kebiasaan atau ciri tertentu untuk menyebutnya sbg nama panggilan. Bukan nama panggung loh ya seperti Sigit Purnomo jadi Pasha, Nasril Irham jadi Ariel dll. Pernah ga urit dipanggil gembul karena suka makan, dipanggil cino krna urit mungkin sipit seperti orang China?? Nah terlalu banyak kan nama panggilan yg melayang pada kita dan sebagian tokoh atau figur di dunia ini dengan berbagai asal-usulnya??

Fine, kali ini giliran ane cerita ke urit-urit sekalian tentang nama-nama panggilan ane. Dulu sih jamannya ane dimasukkin ke TK langsung dapat nama Basir dari temen-temen ane, pasalnya ane pernah pake kalung kaya tokoh Basir di serial "Misteri Gunung Merapi". Inget ga rit? itu loh yg terkenal ketawanya Mak Lampir yg he..he..he.he.. (kasih efek suara). Padahal dulu ane sama sekali kaga gede gendut kaya Basir. Tapi lumayan lebih berisi dibanding skarang kurus kering kerontang dan bisa terbang ketika hempasan angin menerjang. seperti syair tapi ungkapan lebay  -_-" Lalu juga waktu SD pernah beberapa saat dipanggil bogang dan cuma satu temen ane yg bilang bogang hingga akhirnya julukan itu tak bertahan lama. HAHAHA (kau tak punya cukup massa untuk melakukannya kepada ane). Masih satu waktu tapi beda tempat, kali ini di tempat ngaji (ane juga ngaji rit, ga kalah dari urit-urit yg juga jago ngaji.. hehe.. ) ane dipanggil "kecepit" asem nih gara-gara nama ane david manggilnya pit.. pit.. kecepit.. sini dong (ente aje yg kecepit, jangan ane.. just kidd ^_^) Lain lagi panggilannya kalo sudah SMP, kali ini dapat panggilan ga jauh beda dari waktu ngaji. Ane dipanggil "roti kempit" rit, pertama ane biasanya aje,, nah begitu tau apa itu roti kempit?? asem paradise parah dah yng satu ini tau ga roti yg biasa dikempit para cewek ketika sedang kedatangan tamu? nah itu *semoga urit sekalian paham yg ane maksud shg ga usah ngejabarin maksutnya, ga perlu kaya matematika yg harus djabarkan . Tapi alhamdulillah masih ada juga yg kasih baik panggilan ke ane. Ane dipanggil "zum" karena katanya ane mirip si Zummy Zolla itu tuh. (yess dalam benak ane sambil tangan mengepal). Dan yg paling berkesan buat ane ketika masa putih abu-abu. Ane masih aja dipanggil sama temen ane dengan panggilan "zum"  tapi ini bukan orang-orang yg sama, tentunya dengan temen-temen baru ane rit.. asseek.. senyum lebar mengembang :D .. Tapi tak juga semua manggil begitu,, alhamdulillah masih ada yg manggil pake nama asli ane, meski kata v sering ganti jadi kata p (padahal bukan orang sunda) david jadi dapid. Karena sering manggil barengan, ada yg zum ada yg pid jadi zum..pid..zum..pid.. ada yg nyeleneh sndiri dari satu temen ane manggilnya "sumpit" . Selain itu ane krisis nama panggilan yg ane anggap cocok buat ane ketika ane mendapat NIA (Nomor Induk Anggota) ketika ane dilantik jadi Anggota Tetap Pecinta Alam GASAPALA di sekolah ane SMA 3 Blitar. Akhirnya ane ambil nama itu sebagai nama rimba yg sangat dibutuhkan seorang penggiat alam seperti ane kalo urit-urit tau. mungkin karena ane tubuh ane cuma tulang kaya sumpit diri gitu kale ya.. saking kurusnya.. hahaha.. nah kalo angka 54 itu sendiri dari NIA yg ane dapat tadi rit, 54 keren nih kayanya.. semoga sekeren orangnya.. wkkkkwkkk..
Zum + Pid + 54 = sumpit54.
Kalo masa kuliah ini belum ada, DBD48 kali ya karena nilai ujian peminatan ane alhamdulillah  mantab 48 dan masuknya di DBD (Database Development). biar sekalian sama idol grup yg ane demen AKB48 and sister terutama JKT48.. heheh :v the journey about aliases name

The last, knpa ane manggilnya pembaca blog ini dengan urit? sebenernya dari kata "prajurit sumpit" yg ane ambil cuma urit-nya aja biar simple, ane gak klamaan juga nulisnya, selain itu teringet temen ane si ridwan yg panggilannya urid.. tapi julukan "urit" ane berikan untuk pembaca blog ane yg telah banyak membantu ane termotivasi ngisi ini blog.. tapi tetep unik dan keren kan rit?? Terima kasih, matur nuwun buat urit-urit sekalian. :)

PRAJURIT SUMPIT TERBANG KE LANGIT.... YUHUU...

(dijawab yah)
Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Social Media

Follow Twitter Add Facebook