Sabtu, 07 Juni 2014

Arti Nama “Davit Evendi”

Share it Please


Berawal dari SD ketika ada guru yang bertanya kepada setiap muridnya di kelas untuk menceritakan arti namanya masing-masing. Maka akupun bingung kenapa orang desa seperti aku diberikan nama yang keren seperti ini. Karena pada waktu itu nama “Davit” merujuk pada “David Beckham” bintang sepakbola terkenal dan terkaya hingga aku nulis ini artikel. Serta nama “Evendi” merujuk pada beberapa orang terkenal macam “Rita Effendi” seorang penyayi atau “Dede Yusuf Macan Effendi” seorang actor laga pada zaman saya kecil. Rasanya nama ini terlalu wah menurutku. Dan akupun juga merasa bingung tentang arti nama kedua orang tuaku yang memberiku nama ini.
Berlanjut saat SMP aku sedikit tau tentang arti nama Davit. Aku mencari di Kamus Bahasa Inggris, waktu itu Kamus Bahasa Inggris memang tak pernah jauh dariku karena tugasnya lumayan level sadis buat anak SMP. Dan aku temukan davit = dewi-dewi. Ya, aku cowok tapi kenapa arti namaku dewi?? Kenapa harus seperti nama cewek?
Andai artinya adalah dewa pasti keren untuk cowok. Ya sudah, akhirnya mendapat sedikit pencerahan atau hidayah. Davit diambil dari nama Nabi Daud alaihi salam yang jika di Eropa khususnya orang Yahudi lebih dikenal dengan nama David, yang mengalahkan Goliath(Jalut). Sedikit lega mendengarnya J, tapi kenapa David menjadi Davit? Orang tua ketika aku lahir berpesan kepada bidannya, karena dari lisan maka ucapan beda dengan tulisan. Bidan membuatkan akta kelahiran dengan nama davit. Ya sudah terima saja. Lagipula orang desa juga susah melafalkannya. Dibikin mudah aja. Lalu apa arti Evendi? Ini masih menjadi misteri saat aku SMP.
Hingga aku SMA, mulai banyak berinteraksi dengan internet. Ya memang belum banyak web arti nama atau artikel yang dimuat di blog tentang arti nama akhiranku ini. Tapi lumayan membuat tersenyum J. Evendi berasal dari bahasa Turki, Effendi yang berarti penakluk. Ngeri juga artinya, tapi maksudnya di sini adalah gelar bangsawan di Turki yang menyatakan Tuan atau Ahli atau Berilmu. Atau memiliki status social yang tinggi. Taukan orang-orang Turki? Apalagi ketika masa dinasti Ottoman (Utsmaniyah) yang terkenal dengan penaklukan Konstantinopel oleh Sultan Mehmed II a.k.a Sultan Muhammad Al-Fatih Sang Penakluk. Yup, sang penakluk. Aku ga boleh besar kepala karena Sultan Mehmed II aja besar surbannya biar tetep rendah hati dan ga sombong. Astaghfirullah.. -_- lalu kenapa Effendi bisa jadi Evendi? Lagi-lagi ini masalah pengucapan yang diterjemahkan menjadi tulisan. Udah terima aja fikirku. Gitu aja kok repot mengutip kata-kata Gus Dur.
Akhirnya masa kuliah semakin banyak wawasan. Banyak kenal dengan orang yang ternyata filosofi namanya juga gak kalah keren denganku. Iseng-iseng browsing semakin banyak artikel atau literature yang mengangkat nama-nama orang. Akhirnya semakin lengkap. David memang serapan dari Daud yang berarti tercinta/dicintai(Bible),sangat mencintai(Hebrew),kesayangan/disayangi(Europe) bahkan di http://carinamabayi.com/arti-nama/david.html mengatakan berkarakteristik : Gila kerja, berkeinginan kuat. Pemimpin yang berambisi, penuh visi. Intuitif dan penuh inspirasi. Artistik, memiliki selera yang bagus. Rendah hati, setia. Boleh sih tapi gak terlalu juga. Hehe :v
Sedang nama Evendi adalah serapan dari Effendi seperti yang aku sampein sebelumnya dan kini mengatakan maksud laki-laki yang lembut(Arab) atau dimaksudkan oleh bangsa Melayu Malaysia-Indonesia dengan kecintaan atau kebahagiaan.Alhamdulillah..
Aku mengetahui karena aku mencari, aku mengetahui karena memantaskan diri. Aku mengetahui karena orang tua. Aku mengetahui karena petunjuk dan rahmat Allah Swt. Terima kasih kepada Bapak yang memiliki nama yang gagah dan ibu yang memiliki nama yang sejuk. Bapak dan Ibu telah memberikan hakku sesuai perintah Rasulullah Saw dengan memberiku nama yang baik, yang menjadi doa untukku, yang menjadi motivasi agar aku berusaha mendapat derajat yang baik. Selebihnya aku memohon ampun kepada Allah Swt untuk diriku sendiri dan untuk kedua orangtuaku. Dan memohonkan rahmat-Nya kepada kami. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Social Media

Follow Twitter Add Facebook