Sabtu, 12 November 2011

Soal Pendahuluan siskom

Share it Please

1.Mengapa komputer tidak lagi bersifat uniprosessor?
2. Apa yang dimaksud dengan pipeline?
3. Apa yang kamu ketahui tentang taksonomi komputer parallel?
_Jawaban_
1. Meskipun kecepatan processor dapat ditingkatkan terus, namun karena keterbatasan materi pembuatnya, tentu ada suatu batas kecepatan yang tak mungkin lagi dapat dilewati.
2. Konsep pipeline menjelaskan strategi lebih jauh. Pelaksanaan instruksi sering dibagi ke dalam bagian-bagian yang bukan hanya ke dalam kedua bagian saja, di mana di masing-masing bagian ditangani oleh seperangkat hardware khusus, dan keseluruhan hardware tersebut dapat beroperasi secara paralel.
3. Taksonomi atau biasa disebut clustering adalah pengelompokan  beberapa  buah komputer  menjadi  satu  kesatuan  dan  mampu memproses  dengan  interkoneksi  jaringan baik itu lokal maupun internet.
Berdasarkan jumlah aliran instruksi dan aliran datanya, Michael J. Flynn pada tahun 1966 mengelompokkan komputer digital menjadi empat golongan besar. 
Aliran instruksi (instruction stream) adalah urutan instruksi yang dieksekusi oleh sistem komputer, sedangkan aliran data (data stream) adalah urutan data yang diolah termasuk data masukan, bagian dari data, maupun data sementara yang dipanggil atau digunakan oleh aliran instruksi.
Keempat kelompok komputer tersebut adalah :
  • SISD Single Instruction Single Datapath, ini prosesor tunggal, yang bukan paralel. Semua instruksi dikerjakan  terurut satu demi satu, tetapi juga dimungkinkan adanya overlapping dalam eksekusi setiap bagian instruksi (pipelining).
  • SIMD Single Instruction Multiple Datapath, alur instruksi yang sama dijalankan terhadap banyak alur data yang berbeda. Alur instruksi disini kalu tidak salah maksudnya ya program komputer itu. Terus datapath itu paling ya inputnya, jadi inputnya lain-lain tapi program yang digunakan sama.
  • MIMD Multiple Instruction Multiple Datapath, alur instruksinya banyak, alur datanya juga banyak, tapi masing-masing bisa berinteraksi.
  • MISD Multiple Instruction Single Datapath, alur instruksinya banyak tapi beroperasi pada data yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Social Media

Follow Twitter Add Facebook