Kamis, 31 Mei 2012

Simulasi NSO 2012 Politeknik Telkom

Share it Please
Selamat malam!!
(kapanpun waktunya ngikut aja ma waktu kejadian)
Malem ini adalah breafing pertama untui simulasi calon OC NSO 2012. Pada tau ga OC NSO?? OC NSO adalah Organizing Committee New Students Orientation, jadi ya panitianya ospek gitu. Atau lebih lurusnya OC NSO adalah pelayan peserta ospek (maba). Open Recruitment (Oprec) nya kemarin sudah lewat tahap administrasi/berkas dan wawancara. Dari wawancara bisa memungkinkan berbeda dari pilihan yang waktu diajukan pada berkas. Wo ya maap ane kasih tau dulu divisinya biar mudeng ntar yang ane tulis di blog ini. Dari Kementerian Kaderisasi BEM REMA POLITEL membentuk Starring Committee (SC) dan ini khusus anak 2010, jadi karena ini NSO 2012 jadi kondisinya ane anak 2011 yang masih calon OC. Setelah itu SC membentuk OC sebagai pelaksana NSO itu sendiri. untuk OC masih seperti NSO 2011 yang lalu yaitu ada 12 bagian namun untuk taun ini MVT dilebur dengan ET. Sehingga ada 11 bagian gan yang ane sebut ini



Director Organizing Committee (DOC) = Ketua
Executive Administratif Team ( EAT ) = Sekretaris 
Finance Team ( FT ) = Bendahara
Agenda and Planning Team (APT) = Acara 
Evaluation and Motivation Team (EMT ) = Evaluasi dan Motivasi
Medical Team ( MT ) = Kesehatan
Publication , Design and Documentation Team ( PDT) = Publikasi, Desain dan Dokumentasi
Food Team  (FDT) = Konsumsi
Tools and Equipment Team (TET) = Logistik
Discipline Team ( DT ) = Disiplin
Guard Team (GT) = Mbok'e bocah-bocah hehe
sempet terjadi misscom juga kmarin kalo DT dilebur sama MVT, terus dpt pencerahan dari SC kalo MVT dilebur sama ET. Ya ane alhamdulillah direkomendasiin ke ET, kan daftarnya di administrasi dan berkas tuh ane daftar Discipline and Motivation (DMT), alhamdulillah pas wawancara direkomendasiin di ET, eh sekarang EMT hehe.

Ok, sekarang baru masuk intinya nih, hadeehh -___-".. Simulasi juga merupakan tahap seleksi OC NSO, dan malem ini dan besok 30-31 Mei 2012 dilaksanakannya. Pertama kami dibagi 2 kelompok panitia dan diberi kasus oleh SC untuk mensimulasikannya sesuai peran masing-masing. Karena ane calon EMT ya ane nge-create games dan award.. untuk kelompok ane (kelompok 1) ini dipimpin Habib Akbar Aziz yang jadi DOCnya dan dapet jangkauan wilayah dari lapangan parkir sampai danau galau. Pokoknya tiap kelompok harus nge-create seperti NSO beneran meski sederhana dan dalam waktu singkat.Ini nih sedikit bocoran dari SC, simulasi ini harus ada absensi dan penertiban, games post to post, istirahat (makan), dan award cluster. Setelah dengan singkat kami rembugan bareng, alhamdulillah konsep siap dan tinggal pelaksanaan teknisnya. Semoga semua dapat lancar dan sukses.. OK untuk yang hari ke 2 tunggu besok ane posting lagi gan.. :)

maav updatenya baru hari ini(6/28/2012) yg untuk simulasi hari ke-2.
OK untuk yg hari ke-2 adalah pengaplikasian dari rancangan pada simulasi hari ke-1. kita disini para calon OC sudah dengan berbagai persiapan mulai dari rapat internal, rapat antar divisi dan rapat pleno hanya demi 2 jam yang sangat menentukan. Satu jam untuk satu kelompok. Dan saya di ET kelompok 1 bersama teh Gilih dan neng Dwi Marwa. Setelah sholat maghrib kami langsung breafing mengenai persiapan simulasi kami, dan ketika kumandang adzan isya kami segera sholat dan menuju lapangan parkir untuk dikondisikan bersama kelompok 2 oleh SC NSO. Dan langsung dimulai dari kelompok 1 yang mengambil alih simulasi dengan kelompok 2 sebagai peserta simulasi NSO sedangkan SC mengawasi dan memberi penilaian.Kelompok 2 kami jadikan 4 cluster dan mengikuti alur yang kami tentukan. ada absendi dan penertiban, games post to post, istirahat dan award. Kami memakai game tali-telur dan game bisik berantai. Dan simulasi ini sangat luar biasa, saya bisa all out dengan segala tekanan dan situasi yang menyerang.. maav juga kemarin yg merasa ane kurang sip dalam bekerja.. sembari juga ada SC yg bertanya-tanya tentang jalannya simulasi yg kami lakukan. dan setelah award tibalah giliran kami yg jadi peserta. OK-lah dengan hepi kami menikmati setiap intruksi dari kelompok 2. intinya saling mendukung lah. simulasi ini bukan untuk menjatuhkan kelompok lain, tapi justru mengikat rasa keluarga kampus yang erat.

Kelompok 2 selesai dengan simulasinya dan kita semua calon panitia berkumpul di lobby ada wejangan dari SC, tak hanya SC, ada juga pak Presma Tegar Raazzaq Winarso dan teh Audi yang juga memberikan wejangan-wejangannya kepada kami. Rasanya sungguh luar biasa malam itu, bisa saling kenal dengan cepat dan bisa berinteraksi penuh dengan orang-orang visioner, InsyaALLAH. Pukul 22.00 kalo ga salah, rangkaian acara simulasi selesai dan kami kembali ke habitat masing-masing.

karena belum ada jargon NSO, ane pake jargon kelompok 1 ye... 
NSO 2012!!!|
Aktif..
Kreatif..
Semangat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Social Media

Follow Twitter Add Facebook